GRAFIKA KOMPUTER - MEMBUAT 4 GAMBAR BANGUN KETUPAT DENGAN DEV C++ OPENGL

Langkah-langkah Membuat Program :
1.      Buka Aplikasi Dev C++ yang sudah di Instal
Untuk memulai membuat program pilih File – New – Project – Ok


2.      Setelah New Project akan tampil jenis lembar kerja yang akan digunakan, Klik Conole Application – OK


3.      Setelah itu Save Project, Klik Save


4.      Setelah itu akan muncul tampilan awal, kemudian Klik Kanan pada Bar Project1, lalu pilih Project Options



5.      Pada Project Options, Klik Parameters – Linker
Pada Box Linker ketik -lopengl32, -lfreeglut, -lglu32, lalu klik OK


6.      Pada Lembar Kerja akan Muncul Scrip seperti ini :



7.      Kosongkan Script dan Ketikan script dengan projek yang akan dibuat seperti dibawah ini:

Syntak Program :
#include <GL/glut.h>                                         
#include <windows.h>       

void init (void) {   
glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);       
glLineWidth (1.0);               
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);                                     
glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);   
}                                                              
void Display (void) {                            
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);   
glBegin (GL_LINES);            
glVertex2f (-5.5, 0.0);                         
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (5.5, 0.0);                          
glEnd ();                
glBegin (GL_LINES);                            
glVertex2f (0.0, -5.5);         
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);     
glVertex2f (0.0, 5.5);                          
glEnd ();                                
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);                     
glVertex2f (2.0, 1.0);                          
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);                     
glVertex2f (1.0, 3.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (2.0, 5.0);
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (3.0, 3.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);                     
glVertex2f (-2.0, -1.0);                       
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);                     
glVertex2f (-3.0, -3.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (-2.0, -5.0);
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (-1.0, -3.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);                     
glVertex2f (2.0, -1.0);                         
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);                
glVertex2f (1.0, -3.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (2.0, -5.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (3.0, -3.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);                     
glVertex2f (-2.0, 5.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);                
glVertex2f (-3.0, 3.0);                         
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);                     
glVertex2f (-2.0, 1.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (-1.0, 3.0);
glEnd ();
glutSwapBuffers ();
}
int main (int argc, char** argv) {      
glutInit (&argc, argv);         
glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);     
glutInitWindowPosition (0, 0);
glutInitWindowSize (700, 700);
glutCreateWindow ("bangun dasar 4 ketupat");           
init ();
glutDisplayFunc (Display);
glutMainLoop ();
return 0;
}

8.      Setelah diketik pilih Execute  dan klik Compile & Run


9.      Setelah di Compile dan run setelah itu Save File dan Save



10.      Setelah itu akan keluar output sebagai berikut :


Comments

Popular posts from this blog

GRAFIKA KOMPUTER - MEMBUAT 4 GAMBAR BANGUN SEGITIGA DENGAN DEV C++ OPENGL

GRAFIKA KOMPUTER - MEMBUAT GAMBAR BANGUN SEGITIGA DENGAN DEV C++ OPENGL

GRAFIKA KOMPUTER - MEMBUAT GAMBAR SEGI EMPAT DENGAN DEV C++ OPENGL